Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Teknik Seo Jenis On-Page Dan Off-Page


Perbedaan teknik SEO jenis On-page dan Off-page - Teknik pengoptimalan situs untuk mesin pencari, atau dikenal teknik SEO, merupakan suatu teknik yang sering dilakukan oleh pemilik situs atau blog untuk meningkatkan kualitas blognya, atau hanya sekedar menciptakan situs atau artikel mereka nangkring di halaman utama hasil pencarian di web browser. Hal ini sebab situs-situs di halaman pertama paling besar kemungkinan kliknya (dikunjungi) daripada yang berada di halaman dua, tiga, atau seterusnya. Namun yang menjadi pertanyaan yaitu : Apa sih jenis SEO Onpage, dan jenis SEO Offpage?.

Dalam teknik SEO dikenal dua jenis teknik menurut kawasan pengoptimalannya. Yaitu On-Page dan Off-page. Kedua jenis teknik ini sangat berperan aktif dalam meningkatkan nilai suatu situs. Untuk melakukannyapun sebetulnya gampang-gampang susah. Gampang sebab dilakukan hanya dengan klik dan susah sebab dilakukan dengan riset. Nah lo, riset apalagi ini? nanti saya jelaskan. Bahkan sebab kata ‘susah’ banyak blogger yang rela keluarin uang sekian ratus ribu bahkan juta untuk pengoptimalan SEO ini. Namun, saya tidak akan membahas bagaimana cara melaksanakan SEO yang ‘gampang’ itu, apalagi yang susah. Fokus saya kali ini yaitu pada jenis SEO On-Page dan Off-page yang mungkin meliputi pengertian, dan contoh.

Memahami Pengertian SEO Onpage

SEO Onpage, atau Search Engine Optimation on Page, merupakan teknik yang dilakukan demi pengoptimalan suatu artikel atau bahkan homepage pada sebuah situs semoga bisa terlihat pada halaman utama hasil pencarian mesin pencari, baik itu google, bing, yandex, ataupun yahoo. Teknik ini mempunyai aneka macam cabang-cabangnya. Sehingga untuk melakukannya tinggal pilih mana yang mau dilaksanakan.

Maksud dari kata On-Page ini adalah, Optimasi dilakukan pada halaman situs dengan tujuan semoga mesin pencari mengetahui situs kita bahwa situs kita relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Atau bisa dikatakan, mengoptimalkan halaman situs semoga mesin pencari memahami struktur situs kita, dan mempercayai situs kita yang jadinya situs kita termasuk dalam daftar index robot dari mesin pencari.

Lantas apa hubungannya on-page dengan proses pengoptimalan? Ya, pengoptimalan on page, atau pengotimalan pada halaman. Artinya pengoptimalan kita lakukan dari dalam situs itu, bukan dari luar ataupun samping. Pengoptimalan atau meningkatkan secara optimal dari dalam meliputi Struktur Halaman (dalam hal ini struktur instruksi atau script pembangun) mulai dari Tag Meta, Tag Heading, Hiperlink, Minify Javascript, Minify CSS, Content, sampai Image Alt Tag. Selain itu, struktur bahasa konten (dalam hal ini kerapian penulisan dan ejaan),  dan penataan kata kunci juga termasuk dalam meningkatkan secara optimal on-Page.

Lantas, Apa Itu SEO off-Page?

SEO off-Page merupakan lawan dari SEO on-Page. Jika jenis sebelumnya yaitu pengoptimalan situs dari dalam halaman situs, maka teknik jenis ini sanggup diartikan pengoptimalan dari luar situs.  Maksud dari luar yaitu berusaha memancing pengunjung untuk masuk ke dalam situs kita. Ataupun merayu rabot perayap google untuk merayapi situs kita.

Pengoptimalan ini cukup praktis dilakukan, diantaranya yang paling praktis ialah dengan membagikan tautan di situs selain situs kita, menciptakan banner, memasang link pada ebook, atau lainnya. Teknik ini bisa dilakukan tanpa tenaga ekstra, namun kalau menginginkan hasil meningkatkan secara optimal yang lebih sempurna, maka perlu dilakukan RISET untuk memancing pengunjung masuk ke perangkap situs kita. Mulai dari riset target, riset materi, sampai riset hasilnya.

Penutup

Setidaknya itulah sedikit klarifikasi dan teladan dari teknik SEO berjenis on-Page dan off-Page. Semoga mebantu kalian yang binggung ihwal kedua jenis teknik SEO yang ini. Jika ada masukkan, penambahan, atau pertanyaan silahkan berkomentar sesuai dengan topik kita yang kali ini.