Guide Support Dota2 Indonesia : Basic To Intermediate
HOW TO SUPPORT?
Welcome..welcomee.
Gak bosen-bosen, ketemu lagi sama gue blogger unyu, absurd, menggemaskan nan kece, hehehe. ^_^
Btw, jangan di liatin terus ceweknya mz, nanti kau sagne yasha, *lmao.
Ok.
Di artikel sebelumnya perihal "Role", disitu gue bahas sekilas mengenai role Support. Nah, di artikel ini gue akan mengupas tuntas setajam silet perihal Support dan seluk beluknya sampe ke akar-akarnya.
Jadi, untuk kamu-kamu-kamu yang hobinya nge-Support tim di Dota2 dengan adanya artikel ini, diharapkan bisa lebih mantep lagi nge-Supportnya.
Btw, ini ialah guide yang tidak mengecewakan panjang.
So, siapin kopi + cemilan sembari baca artikel ini. Supaya ga bosen lu bisa nyetel lagu kesukaan lu, xD.
And, let it BEGIN!
Apa itu Hero Support?
Hero Support ialah jagoan yang skill-skillnya memang ditujukan untuk men-support team.
Banyak sekali jenis jagoan support di Dota2, misalnya support healer, support ganker, support roamer, dll.
Hero support juga sangat efektif dalam teamfight dan begitu mendominasi di early serta mid game. Sementara Carry berjaya di late game.
Hero support tidak begitu membutuhkan gold dari farming, mereka biasanya mendapat gold dari hasil ganking, pull creep, dan bounty rune.
Hero support juga tidak memerlukan item-item mahal untuk menambah damage serta attack speed, yang mereka perlukan ialah item-item support ibarat Observer ward, Smoke of Deceit, Sentry Ward, dan bila sedikit ada rejeki bisa buat Mekans dan Blink Dagger.
Hero support juga sangat efektif dalam teamfight dan begitu mendominasi di early serta mid game. Sementara Carry berjaya di late game.
Hero support tidak begitu membutuhkan gold dari farming, mereka biasanya mendapat gold dari hasil ganking, pull creep, dan bounty rune.
Hero support juga tidak memerlukan item-item mahal untuk menambah damage serta attack speed, yang mereka perlukan ialah item-item support ibarat Observer ward, Smoke of Deceit, Sentry Ward, dan bila sedikit ada rejeki bisa buat Mekans dan Blink Dagger.
Jadi, kesimpulannya jagoan Support BUKAN jagoan farming.
Apa Fungsi dari Hero Support?
Idealnya tim Dota2 ialah yang terdiri dari 3 Core dan 2 Support.
"Supaya apa?".
Jawabannya, supaya tim itu efektif dan balance. Bisa menguasai early hingga late game.
"Supaya apa?".
Jawabannya, supaya tim itu efektif dan balance. Bisa menguasai early hingga late game.
So, dalam draft/pick jagoan sesungguhnya gak bisa pick kebanyakan support atau sebaliknya, kebanyakan pick carry.
Tim yang banyak supportnya, bakal menderita di late game lantaran gak ada damage output berarti. Sebaliknya juga, tim yang kebanyakan carry bakal susah farming lantaran tempat untuk farming cukup terbatas, jadi bisa sering dibuli di early game bahkan di late game lantaran itemnya yang gak jadi-jadi.
Inga-Inga, 3 Core dan 2 Support.
Itu gres tim ideal dan balance. :)
Tim yang banyak supportnya, bakal menderita di late game lantaran gak ada damage output berarti. Sebaliknya juga, tim yang kebanyakan carry bakal susah farming lantaran tempat untuk farming cukup terbatas, jadi bisa sering dibuli di early game bahkan di late game lantaran itemnya yang gak jadi-jadi.
Inga-Inga, 3 Core dan 2 Support.
Itu gres tim ideal dan balance. :)
Hard vs Semi Support
Sama ibarat Carry, support juga mempunyai hard-support dan semi-support.
"Bedanya apa sih pak, antara hard dan semi support?", tanya seorang anak kepada bapaknya.
Hard support ialah support yang tidak begitu bergantung kepada item, mereka hanya membutuhkan beberapa item, ibarat mungkin Bracer, Magic Wand, dan Boots untuk bertahan dalam permainan. Nah, lantaran tidak begitu membutuhkan item maka biasanya goldnya dipakai untuk membeli item support ibarat Observer Ward, Sentry Ward, dan Smoke of Deceit.
Sementara itu Semi Support ialah support yang sedikit membutuhkan gold/item untuk bertahan atau untuk menggunakan skill-skill nya dalam teamfight. Semi support biasanya membutuhkan item Blink Dagger untuk menggunakan Ultimate/Skill AOE nya.
"Standard" tim biasanya mempunyai 1 Hard Support (yang tukang beliin Ward dari awal sampe final game), dan 1 Semi Support (yang beliin Kurir dan item support lainnya.)
Sudah tau bedanya?
Nice, kalo gitu kita lanjut.
Seruput dulu kopinya gan.
Seruput dulu kopinya gan.
THE GOLDEN RULES
Sahabat Super.(*logat mario teguh)
Ada hal-hal penting dan hukum yang harus benar-benar dipahami dalam hal Support-Men-Support.
Apa yang harus dilakukan (DO), dan apa yang dihentikan dilakukan(DON'T DO).
Itu !
Ada hal-hal penting dan hukum yang harus benar-benar dipahami dalam hal Support-Men-Support.
Apa yang harus dilakukan (DO), dan apa yang dihentikan dilakukan(DON'T DO).
Itu !
Sahabat Super yang berbahagia, berikut point-point penting untuk seorang Support.
Do :
- Pastikan di team Anda mempunyai seekor Kurir.
- Beli dan pasang Observer Ward untuk memperlihatkan vision.
- Deny creep Anda apabila memungkinkan, supaya Exp musuh tersendat.
- Belilah Item yang diharapkan oleh tim Anda.
- Korbankan diri Anda untuk menyelamatkan Carry/Core, bila diperlukan.
Don't :
- Mengambil last hit carry.
- Kill steal dari musuh yang bisa di kill oleh carry Anda.
- Membuat item damage.
- Menghabiskan waktu untuk farming.
- Tidak menghadiri Team Fight terdekat.
Sahabat Super dimanapun Anda berada.
Itulah diatas beberapa hal yang harus dilakukan dan yang dihentikan dilakukan untuk seorang Support.
Jika, sudah mengerti. Saya Mario Tengu mohon pamit.
Sampai jumpa lagi di Golden Rules berikutnya.
Mengapa Support ialah role yang elok untuk Beginners/Newbie?
Jika lu masih gres di Dota2, sesungguhnya Support ialah role yang sangat dianjurkan.
Why?
Karena bila lu masih belepotan nge-last hit, sering kena gank musuh, nantinya lu malah jadi beban buat tim.
Makanya, dari dulu gue dan temen-temen gak pernah nyaranin Beginners/Newbie pake Carry, soalnya gue juga dulu diajarin kek gitu.
"Lu harus bisa Support, gres boleh pakek Carry!", Suhu gue berkata demikian.
"Lu harus bisa Support, gres boleh pakek Carry!", Suhu gue berkata demikian.
Karena experience lu masih cetek, masih imut-imut.
Karena Carry itu ujung tombak team, item harus jadi secepatnya supaya bisa menangin permainan.
Gue pikir "Iya juga ya!".
Dengan posisi gue sebagai support, gue jadi bisa leluasa melihat pergerakan musuh lantaran gak fokus farming. Dan gue juga bisa membantu semua lane untuk menjaga Core.
Karena Carry itu ujung tombak team, item harus jadi secepatnya supaya bisa menangin permainan.
Gue pikir "Iya juga ya!".
Dengan posisi gue sebagai support, gue jadi bisa leluasa melihat pergerakan musuh lantaran gak fokus farming. Dan gue juga bisa membantu semua lane untuk menjaga Core.
Tugas gue gampang, cuma beli Ward terus pasang, sisanya pull/stack creep neutral.
Gampang banget.
Gampang banget.
Jadi, buat Newbie bukannya gak boleh pake carry.
Tetapi sangat dianjurkan untuk mencoba role support dulu biar mengetahui Basicnya. Supaya nanti sewaktu pake Carry udah bisa menyesuaikan.
Gitu hlo maksudnya. Biar gak gelagapan kalo disuruh pake Support.
Karena nanti di High Rank harus bisa menguasai semua role.
Tetapi sangat dianjurkan untuk mencoba role support dulu biar mengetahui Basicnya. Supaya nanti sewaktu pake Carry udah bisa menyesuaikan.
Gitu hlo maksudnya. Biar gak gelagapan kalo disuruh pake Support.
Karena nanti di High Rank harus bisa menguasai semua role.
SUPPORT DI EARLY(AWAL) GAME
Tugas klasik support intinya yaitu menjaga (babysit) carry di safe lane.
Tapi ada juga beberapa kiprah suplemen yang harus dilakukan seorang Support, yaitu :
- Membantu carry untuk farming
- Menjaga carry dari ganking musuh
- Membantu carry mendapat kill
- Deny creeps friendly (creeps sendiri)
- Menggangu/Harass jagoan musuh
- Stacking creep, Pull creep, dan Kontrol lane
Itulah beberapa kiprah suplemen dari seorang Support yang nanti bakal gue rinci satu persatu dibawah.
Membantu Carry untuk farming
Apapun alasannya, tetap carry ialah yang utama dan pastikan carry farm dengan baik di lane. Jangan sekali-kali mengambil last hit creeps, kiprah support hanya mendeny friendly creeps supaya exp musuh tersendat. Lu bisa pull creeps (nanti gue kasih tau caranya) untuk mendapat gold, atau mengambil bounty rune.
Lu dan carry lu disini harus bisa "Win the lane" maksudnya, lu harus bisa mendominasi lane untuk mendapat last hit yang banyak. Tergantung situasi dan damage output lu dan si carry, lu bisa milih untuk bermain :
- Agresif, lu bisa main seagresif mungkin. Dari harras musuh pake skill, atau nyicil dengan attack biasa supaya musuh ragu-ragu dan mundur untuk farming. Tentunya hal ini sangat menghambat jagoan musuh untuk mendapat gold dan exp. Atau bila damage jagoan lu tidak mengecewakan besar, kenapa ngga lu kill jagoan musuhnya?
- Pasif, bila damage nuke lu kecil dan ingin bermain safe. Tujuannya supaya carry bisa mendapat banyak last hit. Dan fokus lu hanya mendeny friendly creep. Sesekali boleh harass musuh, tetapi fokus last hit dan deny yang lebih penting.
Menjaga Carry dari ganking musuh
Di awal game, carry ialah jagoan yang sangat-sangat rapuh.
Tak berdaya.
Lemah.
Kasian ya?
Maka dari itu, seorang carry membutuhkan proteksi dari seorang support untuk menjaganya dari ganker musuh yang bisa muncul kapan saja.
Tak berdaya.
Lemah.
Kasian ya?
Maka dari itu, seorang carry membutuhkan proteksi dari seorang support untuk menjaganya dari ganker musuh yang bisa muncul kapan saja.
Jangan sekali-kali meninggalkan carry sendirian untuk farming! Apalagi di menit-menit awal (<10). Very risky !
Jika, lu roam untuk memasang ward atau sentry ward, stack creep atau ganking. Setelah itu, pribadi balik lagi ke lane untuk menemani carry.
Jika, lu melihat carry lu sedang di gank, pribadi Teleport(TP) ke lane itu. Pastikan carry lu selamat dari gank itu. Maka dari itu, disini gue sangat mewanti-wanti untuk selalu membawa minimal 2 TP, supaya bila terjadi ganking/pushing/teamfight lu bisa pribadi menuju TKP.
Player yang baik ialah player yang selalu membawa Teleport (TP).
Jika, lu melihat carry lu sedang di gank, pribadi Teleport(TP) ke lane itu. Pastikan carry lu selamat dari gank itu. Maka dari itu, disini gue sangat mewanti-wanti untuk selalu membawa minimal 2 TP, supaya bila terjadi ganking/pushing/teamfight lu bisa pribadi menuju TKP.
Player yang baik ialah player yang selalu membawa Teleport (TP).
Membantu Carry mendapat kill
Nah, ibarat yang gue sebut di atas tadi. Kalo damage nuke lu tidak mengecewakan besar untuk mengharass musuh, lu bisa kasih aba-aba sama carry lu untuk segera menghabisi musuh yang sekarat akhir harass lu tadi.
Semakin cepat carry lu mendapat itemnya, maka semakin cepat pula beliau bisa mendominasi game. Jadi, jangan sungkan untuk memperlihatkan carry lu kill.
Deny friendly creeps
Deny, Deny, Deny, bukan Deny Cagur.
Deny creeps ialah kondisi dimana kita me-last hit creep kita sendiri supaya musuh tidak mendapat exp, bila tidak ada exp, maka bisa dipastikan musuh akan lambat untuk naik level.
Caranya, cukup tunggu HP creep kita hingga sedikit, kemudian klik tombol Attack ke creep sendiri. Dan, TARAAAAAA! lu udah bisa deny creep.
Selamat.
Mengganggu/Harass jagoan musuh
Harass jagoan musuh ialah cara paling efektif untuk mengontrol lane dan membantu carry mendapat last hit.
Siapa sih yang suka digangguin?
Gak ada kan?
Gak ada kan?
Sama, di Dota2 juga gitu. Sering-sering gangguin jagoan musuh aja. Bisa pake skill/attack biasa. Tapi, hati-hati kalo make attack biasa, lantaran nantinya creep musuh bakal nyerang lu, jadi tetap fokus.
Harass musuh juga sangat membantu, lantaran bila HP musuh sekarat, maka akan lebih praktis mendapat kill.
Ya to?
Ya to?
Stacking creep, Pull creep, dan Kontrol lane
Pernah liat netral creep numpuk di satu tempat sampe-sampe ga muat?
Itu bukan creepnya beranak, pak.
Itu lantaran ada yang stacking.
Itu bukan creepnya beranak, pak.
Itu lantaran ada yang stacking.
Nah, gimana sih caranya stacking netral creep? Berikut gue jelasin secara singkat terang padat supaya ngerti semua.
Stacking creep ialah cara yang dipakai player Dota2 untuk memalsukan Exp dan Gold dari netral creep serta untuk efisiensi waktu farming. Jadi, tidak butuh waktu usang untuk menjadikan item core.
Nah, ini ialah pola map patch 7.00
Keterangan : 0.55/0.54/0.53 ialah detik dimana lu harus menarik creep sejauh mungkin. Sementara Medium, Small, Hard, Ancients ialah jenis-jenis creep neutral.
Berikut Video cara pulling dan stacking creep :
Berikut Video cara pulling dan stacking creep :
Hal yang harus diperhatikan :
Netral creep tidak akan muncul apabila di area kotak netral creep ada Observer Ward/Sentry Ward. Jadi, untuk menggagalkan player menarik creep/pulling/Stacking. Mereka sering meletakkan Observer/Sentry Ward.
Nah, bila mengetahui demikian maka kita harus mencari Ward tersebut dan menghancurkannya. Pesan gue, hati-hati dalam meletakkan Sentry Ward, jangan di letakkan di dalam kotak area Netral creep! Karena sama aja itu menghambat lu dalam hal pulling dan stacking creep.
Dan, untuk pulling creep di menit awal, usahakan sebelum pulling creep di lane menuju neutral creep, di stacking dulu creep netralnya, gres sehabis itu pulling creep lane.
Hal, ini mencegah seorang offlaner musuh mendapat exp, dan makin tersiksa..heehhehe.*ketawa jahat.
Netral creep tidak akan muncul apabila di area kotak netral creep ada Observer Ward/Sentry Ward. Jadi, untuk menggagalkan player menarik creep/pulling/Stacking. Mereka sering meletakkan Observer/Sentry Ward.
Nah, bila mengetahui demikian maka kita harus mencari Ward tersebut dan menghancurkannya. Pesan gue, hati-hati dalam meletakkan Sentry Ward, jangan di letakkan di dalam kotak area Netral creep! Karena sama aja itu menghambat lu dalam hal pulling dan stacking creep.
Dan, untuk pulling creep di menit awal, usahakan sebelum pulling creep di lane menuju neutral creep, di stacking dulu creep netralnya, gres sehabis itu pulling creep lane.
Hal, ini mencegah seorang offlaner musuh mendapat exp, dan makin tersiksa..heehhehe.*ketawa jahat.
SUPPORT DI MID GAME
Nah, kita sudah beranjak ke MID game, disini kiprah lu udah agak enak. Lu ga usah repot-repot lagi ngejagain carry. Karena carry sudah mempunyai item core untuk menjaga dirinya (contoh : Shadow Blade pada Slark).
Di fase game ini lu bakal sibuk dengan yang namanya Teamfight, gank, ataupun push. Makanya selalu bawa Teleport supaya bisa hadir dimanapun dan kapanpun,xD.
Jika lu bertanggung jawab untuk membeli Ward dan masangin. Tetap lakukan itu hingga final game berlangsung. Jangan lupa selalu Ward di area Roshan pit, siapa tau musuh lu lagi gebukin Roshan untuk mendapat Aegis.
So, tetap warding area-area yang penting.
SUPPORT DI LATE GAME
Di late game Carry dari kedua tim sudah sama-sama kuat, kita asumsikan ibarat itu.
Dan gimana nasib nya dengan lu, Sang Support?
Di late game, Support akan menjadi mempunyai kegunaan atau tidak tergantung Utility Item yang lu dapet sewaktu early-mid game dari gank dan push tower.
Misalkan jagoan lu Enigma, Utility Item Blink Dagger tentu sangat-sangat-sangat mempunyai kegunaan untuk memulai Teamfight/membuka War.
Atau jagoan support lu Dazzle, item ibarat Mekans dan Arcane boots juga sangat diharapkan oleh tim. Lu bisa komunikasikan ke tim Utility Item yang mereka perlukan.
Banyak banget Utility Item untuk Hero Support.
Btw, apa itu Utility Item?
Utility Item, ialah Item yang sangat mempunyai kegunaan atau ada imbas AOE-nya (entah itu buff/instant regen) bisa untuk team.
Utility Item
Dota2 menyediakan aneka macam Utility item yang sangat bermanfaat untuk tim.
Sebagai seorang support player, lu ga perlu ngabisin gold lu untuk item-item gak penting. Lu cukup fokus untuk warding dan dewarding, dan segera buat utility item lu berikutnya.
Sebagai Aturan UTAMA, pastikan di map ada 4 Observer Ward terpasang, dan usahakan sehabis Observer Ward cooldownya abis, LANGSUNG BELI! supaya tidak stack nantinya.
Dan item-item ibarat Dust atau Sentry Ward harus siap sedia bila tim lu membutuhkannya.
Berikut ialah Utility Item yang harus dimiliki seorang Support, tergantung kebutuhan tim :
- Animal Courier/Flying Courier. Item awal yang wajib dibeli oleh seorang Support, lantaran memudahkan tim untuk mengantar item-itemnya lebih cepat.
- Observer Ward. Salah satu hal yang paling krusial ialah Warding. Lu bisa dikatakan Pro atau tidak nya dalam hal support bisa dilihat dari cara lu Warding. Naro Ward semua orang juga bisa, tetapi efektif tidaknya? gak tau, lol. Makanya Warding juga ialah salah satu Seni dalam bermain Support. Terus gimana sih caranya Warding? Nah, semuanya akan dibahas tuntas di Artikel Warding dan Dewarding Dota2. Sekilas gue terangin aja tempat-tempat yang biasa untuk Warding : Rune, Roshan, Highground(termasuk perbukitan yang ada tempat khusus Warding), Lane, dll. Kalo ada Warding berarti ada Dewarding, yaitu menghancurkan Ward musuh untuk mendapat extra gold. Dewarding juga membutuhkan feeling dan perasaan, serta harus bisa membaca gerak-gerik jagoan musuh. Pokoknya nanti gue jelasin secara mendalam di lain kesempatan.
- Dust of Appearance/Sentry Wards. "DUST WOI DUST!", biasanya temen 1 tim lu teriak-teriak kalo ada jagoan yang ilang-ilang. Nah, disini kiprah lu sebagai support untuk selalu membawa Dust bila ada jagoan invis dan jagoan yang menggunakan Shadow Blade. Serta Sentry Ward untuk mencegah gank dari hero-hero yang mempunyai kemampuan menghilang tersebut.
- Smoke of Deceit. Smoke biasanya dipakai di kompetitif match pro player. Membuat jagoan di sekeliling menghilang dan tidak bisa di deteksi ward. Cocok untuk para ganker, dan 5 man gank. Atau untuk memasang Ward tanpa diketahui musuh.
- Mekans. Item ini ialah item yang sering dibeli oleh para Support untuk memback-up teamfight atau menyelamatkan temen 1 tim. Item HP regen instant yang kalo gue bilang murah lah. Tetapi kesalahan yang sering dilakukan para support ialah mereka sering tidak memperhitungkan Mana. Sehingga sewaktu item Mekans ini dibutuhkan, Mana mereka ngga ada, lol. Jadi, tetep harus perhitungkan semuanya, ya.
- Pipe of Insight. Item advanced ini sangat mempunyai kegunaan sekali dalam teamfight. Memberikan tim resist spell damage musuh. Cocok sekali dipakai untuk mengurangi damage Area of Effect yang ditimbulkan jagoan musuh.
- Arcane Boots. Item lanjutan dari Boots yang memperlihatkan extra mana apabila di klik. Sangat cocok untuk jagoan support tipe babysitter.
- Force Staff. Memberikan status yang tidak mengecewakan bagus, dan dengan kemampuan mendorong nya mempunyai 2 kelebihan. Menolong diri sendiri dari kejaran musuh atau menolong teman 1 tim untuk kabur.
- Eul's Scepter of Divinity. Sama ibarat force staff, bedanya Eul's akan menerbangkan (disable) musuh beberapa saat. Bisa juga untuk diri sendiri untuk menghindari spell area musuh.
- Ring of Basilius/Ring of Aquila. Item yang biasa dibeli untuk jagoan support caster. Ketika diaktifkan, ring ini akan memperlihatkan sedikit extra mana regen dan bonus armor kepada ally terdekat.
- Vladmir's Offering. Item lanjutan dari Ring of Basilius. Biasanya item ini dipake di hero-hero Support STR. Tujuannya supaya temen 1 team dapet bonus Life steal dari hit creep atau jagoan musuh, dan memperlihatkan bonus armor serta mana regen. Vladmi'rs Offering sangat efektif apabila ada banyak jagoan melee di tim.
- Urn of Shadows. Salah satu item favorit gue dalam hal support menyupport. Karena memperlihatkan charge regen HP apabila ada jagoan musuh yang mati di sekitar pemakai Urn. Bisa juga untuk memperlihatkan buff damage per second apabila di klik ke jagoan musuh.
- Veil of Discord. Veil sesungguhnya alternatif, apabila jagoan support lu dan carry lu tipe nuker/caster barulah item ini efektif dalam teamfight. Memberikan buff minus spell resist. Hmm.. lumangyan lah daripada lu manyun.
BEBERAPA TIPS UNTUK SUPPORT
Positioning, Positioning, Positioning
Sampe 3 kali gue ulang-ulang.
Positioning bagi support itu hal yang sangat PENTING DAN VITAL! Ingat main Dota2 harus Ingat Positioning !
Penempatan posisi yang benar akan memperlihatkan imbas positif dan dampak yang elok buat tim lu, dan sebaliknya, bila dalam hal Positioning lu buruk, maka bisa dipastikan lu akan mati sebelum lu bisa support temen 1 tim.
Dan itu buruk.
Positioning bagi support itu hal yang sangat PENTING DAN VITAL! Ingat main Dota2 harus Ingat Positioning !
Penempatan posisi yang benar akan memperlihatkan imbas positif dan dampak yang elok buat tim lu, dan sebaliknya, bila dalam hal Positioning lu buruk, maka bisa dipastikan lu akan mati sebelum lu bisa support temen 1 tim.
Dan itu buruk.
Selalu berguru membaca Mini Map, kembangkan kemampuan lu dalam feeling membaca situasi. Itu penting dan jangan pernah sepelekan event sekecil apapun yang terjadi selama permainan. Karena kejadian di Dota2 terjadi lantaran sebab-akibat.
Beberapa pola : Karena Ward lu di Deward musuh, jadi Map gelap dan Carry Mid sering kena gank. Contoh lagi : Karena lu ga stack creep netral jadinya carry lu agak usang buat jadiin itemnya. Jadi, rangkaian event/kejadian di Dota2 itu pada hakekatnya saling berkaitan. Ujung-ujungnya menghipnotis jalannya permainan.
Jadi, ada semacam chemistry terselubung yang mengakibatkan harmonisasi dan perebutan kekuasaan hati yang mengakibatkan konspirasi hati serta konspirasi kemakmuran.
Jadi, ada semacam chemistry terselubung yang mengakibatkan harmonisasi dan perebutan kekuasaan hati yang mengakibatkan konspirasi hati serta konspirasi kemakmuran.
29 is my age.
Wkkwakwkakw, becanda sedikit biar ga stress, xD.
Btw, itu bahasa Vickinisasi. Gue sendiri gak ngerti maksudnya apa.
Btw, itu bahasa Vickinisasi. Gue sendiri gak ngerti maksudnya apa.
Bagus sih Teorinya, tapi gimana prakteknya?
Ok begini saudara saudari setanah air, teori ialah pengetahuan, sementara praktek ialah tindakan kasatmata dari teori yang kita pelajari.
Praktek ialah penerapan dari teori. Teori ialah dasar pengetahuan sebelum penerapan.
Ngerti?
Tanpa teori?
Siap-siap aja cenga-cengo dalam game. Atau niscaya lu di maki-maki temen sendiri.
Siap-siap aja cenga-cengo dalam game. Atau niscaya lu di maki-maki temen sendiri.
So, pastikan lu pegang dasarnya gres lu terjun ke lapangan.
Itu gres "Good Player".
"Tapi kan ada beberapa faktor juga yang mengakibatkan permainan berjalan tidak semestinya?"
Ya, memang. Apalagi dalam hal Support. Pasti ada aja hal yang abstrak yang dilakukan player-player Dota2 di luar sana.
Hal-hal apa aja yang membuat Game serasa menyebalkan dan masalah-masalah yang biasa ditimbulkan oleh seorang player Dota2 ? Lets chekidhot :
Tukang Auto-Attack, Tukang ngeluh, Tukang ngebacot
Nih, beberapa trouble player Dota2.
Kalo lu carry terus lu ngeliat support lu auto-attack creep tanpa rasa bersalah, lu harus negur beliau baik-baik supaya jangan auto-attack creep.
Kenapa?
Auto-attack bisa mengakibatkan creep musuh habis lebih cepat dan menguntungkan musuh, lantaran creep kita bakal berada erat dengan tower dia, jadi beliau lebih merasa kondusif dan nyaman untuk farming.
Jadi, kalo bisa sebagai support jangan auto-attack creep musuh, cukup deny friendly creep aja.
Kalo lu carry terus lu ngeliat support lu auto-attack creep tanpa rasa bersalah, lu harus negur beliau baik-baik supaya jangan auto-attack creep.
Kenapa?
Auto-attack bisa mengakibatkan creep musuh habis lebih cepat dan menguntungkan musuh, lantaran creep kita bakal berada erat dengan tower dia, jadi beliau lebih merasa kondusif dan nyaman untuk farming.
Jadi, kalo bisa sebagai support jangan auto-attack creep musuh, cukup deny friendly creep aja.
"Uh coba tadi gue yang mid, niscaya owning ini!" atau "Cih, ngeward terus kapan gue dapet itemnya?", "Ah, Carrynya cupu!". Tipe-tipe orang ibarat ini banyak banget di pub/ranked game. Kerjaannya curhat, wkwkkwkwa. Bukannya fokus sama heronya, tapi banyak curhatnya.
Lau mo curhat di facebook ato medsos laennya, ini Dota2. Jadi, singkirin lau punya ego dan kepentingan.
Dan itu sama sekali GAK PENTING! tim lu ga peduli ama cuitan lu di Chat, mereka taunya kalo lu support ya lakukan kiprah support, dan bila lu carry lakukan kiprah carry.
Lau mo curhat di facebook ato medsos laennya, ini Dota2. Jadi, singkirin lau punya ego dan kepentingan.
Dan itu sama sekali GAK PENTING! tim lu ga peduli ama cuitan lu di Chat, mereka taunya kalo lu support ya lakukan kiprah support, dan bila lu carry lakukan kiprah carry.
Tim lu bakal respon chat yang nyambung sama permainan. Selain itu ya mereka fokus sama permainan.
Terutama para Trashtalker (Bacoters).
Terutama para Trashtalker (Bacoters).
Gue jadi keinget event lucu kan jadinya,xD.
Jadi begini ceritanya, gue punya temen di Dota2, cewek. Tiba-tiba beliau chat ngajak party bareng cowoknya. Gue sebenernya dari awal udah males, lantaran gue niscaya jadi obat nyamuk doang, wkwkwa xD. Finally, beliau maksa lantaran beliau temen baik gue juga, karenanya sepakat deh gue mau.
Lalu di invite lah gue, disitu bareng cowoknya yang MMR 5000an.
Kalo ngga salah waktu itu gue pake Dazzle. Temen gue pake Pudge, nah cowoknya ini pake Templar Assasins.
Kalo ngga salah waktu itu gue pake Dazzle. Temen gue pake Pudge, nah cowoknya ini pake Templar Assasins.
Awal terang owning, karna gue kerja keras roaming kemana-mana, dan ward gue juga jarang di deward musuh. Pas di mid-late game, si cowoknya ini sering kena smoke gank gara-gara gak pernah baca map. Wicked sick pecah, berapa kali tuh mistake kayak gitu. Terus temen gue ini juga sering mati pulak, xD.
Lucunya yang gue ga abis pikir, si cowoknya ini Blame gue sambil marah-marah di mik.
Dengan alibi gue gak pernah cover dia.
Lucunya yang gue ga abis pikir, si cowoknya ini Blame gue sambil marah-marah di mik.
Dengan alibi gue gak pernah cover dia.
LOL BANGET GITU LOH.
Padahal gue udah berapa kali ping beliau supaya jangan terlalu offiside. Tapi beliau nakal , yowislah.
Padahal gue udah berapa kali ping beliau supaya jangan terlalu offiside. Tapi beliau nakal , yowislah.
Setelah puas marah-marah di mik beliau throw.
Sambil chat di all "GG'' "Our Dazzle GG". Padahal kalo beliau gak throw masih ada kesempatan turn table.
Ya, endingnya kita kalah. Padahal skor menang jauh, wkwkwk.
Gue nulis ini keinget itu jadi antara sedih, pengen nangis sama ketawa.
Gue nulis ini keinget itu jadi antara sedih, pengen nangis sama ketawa.
Itu ialah salah satu moment yang gak bakal gue lupain, lantaran seumur-umur hidup gue maen Support, ketika itulah gue sama sekali gak dihargain.
Temen gue pribadi chat minta maaf, beliau tau cowoknya yang salah.
Gue bilang "Gak apa-apa, kok"
Gue bilang "Gak apa-apa, kok"
UHHHHHHHHHHHHH...padahal dalem hati gondoknya minta ampun, xD.
Akhirnya sehabis itu, beberapa ahad kemudian temen gue invite gue lagi.
Respon gue?
YA GUE DECLINE LAAAA!!
Gila aja lu main sama orang yang gak ngehargai perjuangan orang. Pengennya bener sendiri, ya orang juga mikir 1 juta kali buat maen sama orang model begitu, lol.
Akhirnya sehabis itu, beberapa ahad kemudian temen gue invite gue lagi.
Respon gue?
YA GUE DECLINE LAAAA!!
Gila aja lu main sama orang yang gak ngehargai perjuangan orang. Pengennya bener sendiri, ya orang juga mikir 1 juta kali buat maen sama orang model begitu, lol.
Makanya lain kali ati-ati sama cocotmu.
Lu butuh skill supportnya buat tim, tapi lu ga ngehargai orangnya.
Ya, sama juga bohong.
Lu butuh skill supportnya buat tim, tapi lu ga ngehargai orangnya.
Ya, sama juga bohong.
Lagian dengan lu ngebacotin orang dan nyakitin perasaannya, mungkin feeling lu bakal merasa mendingan.
Tapi apa yang terjadi berikutnya?
Ya orang itu gak akan mau dengerin lu, dan secara nggak pribadi lu udah membuat suasana atmosfir jelek buat tim gara-gara bacotan lu.
Sadar gak sih? Wahai para Toxic?
Sadar gak sih? Wahai para Toxic?
Carry yang tidak bisa last hit, dan Support yang menganggap dirinya Carry
Serba salah kalo ngadepin situasi kayak gini.
Sewaktu lu jadi support liat carry gak bisa farming dan last hitnya selalu miss.
Dan sewaktu lu jadi carry, lu liat support lu selalu last hit creep lu dan rush bikin item untuk diri sendiri.
Pernah menghadapi situasi awkward kek gini kan?
Solusi yang pertama bila lu carry nya, lu bisa tegur baik-baik si Support supaya jangan last hit creep. Jika, beliau masih last hit creep berarti beliau masih belum mengerti cara supporting. Mengalah ialah cara terbaik, lu bisa pull creep dan dapet gold dari sana, pokoknya dari mana aja supaya item lu cepet jadi, lantaran lu seorang carry harusnya lu bisa lebih kreatif buat dapetin gold dan last hit.
Yang kedua bila lu supportnya, ngeliat carry lu selalu miss last hit. Lu bisa "Backing up" last hit.Jadi, lu attack creep sehabis carry melaksanakan attack. Kadang-kadang ngelakuin backing up last hit ini agak-agak susah juga. Karena ini bisa membuang waktu untuk kita harass musuh dan deny creep. Terus malah keliatannya kayak 2 orang berebutan creep, padahal mah supaya gold nya gak kebuang percuma,hahaha.
Makanya sepakat lah, kalau mau pick Carry itu harus bisa last hit yak, :).
Makanya sepakat lah, kalau mau pick Carry itu harus bisa last hit yak, :).
Carry selalu mati konyol
Jika carry selalu mati konyol di lane itu mungkin lantaran beliau Rambo, atau adanya miss komunikasi antara support dan carry.
Dan hal ini sangat fatal.
Carry seharusnya farming dan jangan mati. Jika carry matinya banyak, ya susah untuk mendapat item dan musuh bakal dominasi lane.
Lu bisa kasih tau mereka apa yang salah.
"Tapi kadang mereka juga sih yang bodoh!".
"Tapi kadang mereka juga sih yang bodoh!".
Ya, sebisa mungkin lu harus bisa cover carry lu. Tapi, ada kalanya lu gak bisa selametin carry lu. Dan hal itu gak apa-apa, daripada lu coba selametin carry lu tapi lu ikut mati juga?.
Hayo?.
Bermain support sudah bagus, tetapi karenanya kalah?
Ini yang gue ceritain tadi.
Contoh, lu ialah seorang Support yang jago Warding, dan lu pasang Ward anti-gank di Safe lane supaya Carry lu bisa melihat potensi ganking dan supaya lu bisa agak leluasa roaming.
Nyatanya?
Carry lu tetep kena gank.
Carry lu tetep mati di lane.
Nyatanya?
Carry lu tetep kena gank.
Carry lu tetep mati di lane.
Terus fungsinya apa lu jago Warding kalo tim lu sendiri gak pernah liat Mini-Map?
Hayoo? hahahaha.
Hayoo? hahahaha.
Struggle bingits.
Tapi ingat, itu bukan salah lu. Dan somehow, kerja keras lu malah jadi sia-sia disini.
Dan, sekali lagi Blaming tidak akan menuntaskan masalah. Tetap komunikasi, komunikasi dan komunikasi. Jika, kasusnya ibarat di atas, lu bisa PING! untuk mengingatkan melihat Mini-Map dari potensi ganking.
Mudah bukan?
Lu Support ya tugasnya ngesupport, lakukan kiprah support sebisa mungkin. Lakukan yang terbaik buat tim lu. Dan ini bukan hanya permainan lu dan Carry kan?. Masih ada 3 orang lagi yang bisa diandalkan untuk membantu. So, stay positive.
Mudah bukan?
Lu Support ya tugasnya ngesupport, lakukan kiprah support sebisa mungkin. Lakukan yang terbaik buat tim lu. Dan ini bukan hanya permainan lu dan Carry kan?. Masih ada 3 orang lagi yang bisa diandalkan untuk membantu. So, stay positive.
Semua berjalan tidak baik, dan mulai menyalahkan
INI PENYAKIT!
Sekali lagi.
INI PENYAKIT!
Penyakit yang banyak menjangkiti para player Dota2 ialah BLAMING.
Ketika semua berjalan tidak baik, ketika semua berjalan tidak sesuai ekspektasi, kemudian semua orang menyalahkan.
Apapun disalahkan.
Player, LAG, Mouse, Keyboard, apapun disalahkan, bahkan ada orang lewat pun gak salah apa-apa dibacotin.
Sekali lagi.
INI PENYAKIT!
Penyakit yang banyak menjangkiti para player Dota2 ialah BLAMING.
Ketika semua berjalan tidak baik, ketika semua berjalan tidak sesuai ekspektasi, kemudian semua orang menyalahkan.
Apapun disalahkan.
Player, LAG, Mouse, Keyboard, apapun disalahkan, bahkan ada orang lewat pun gak salah apa-apa dibacotin.
"Coba tadi ada 10 Ward di Map, pastinya kita menang".
Atau
"Coba tadi gue yang Mid".
Atau lagi.
"Elu sih matinya banyak banget!"
"Coba tadi gue yang Mid".
Atau lagi.
"Elu sih matinya banyak banget!"
Lagi-lagi.
"Kalau aja tadi gue carry, niscaya gak kalah tadi!"
Sekalian aja,
"Coba tadi gue gak main Dota, niscaya gak turun MMR gue!"
"Coba tadi gue gak main Dota, niscaya gak turun MMR gue!"
See?
Kalo, kita sering menyalahkan, sering membuat alasan. Justru itu malah membuat kondisi tim makin down dan membuat suasanya menjadi tidak menyenangkan lagi.
Cobalah remaja sedikit, bukannya menyalahkan.
Semua pernah salah, kok.
Seperti yang gue pernah bilang, BAHKAN ALOGARITMA dan RUMUS EINSTEIN sekalipun tidak bisa memprediksi jalannya permainan.
Semua pernah salah, kok.
Seperti yang gue pernah bilang, BAHKAN ALOGARITMA dan RUMUS EINSTEIN sekalipun tidak bisa memprediksi jalannya permainan.
Jadi, sesungguhnya Dota2 ialah permainan Mental.
Karena teknis di Dota2 itu mudah, bila kita punya kemauan belajar.
Mental lu udah Down, lu niscaya kalah.
Karena teknis di Dota2 itu mudah, bila kita punya kemauan belajar.
Mental lu udah Down, lu niscaya kalah.
Tetapi, bila mental lu Positif, lu bermain sebaik mungkin, KALAH PUN minimal lu sudah berusaha. Dan lu masih bisa gembira dengan kekalahan lu. Daripada udah mengkerut sebelum bertanding?.
BLAMING, bahkan FLAMING itu ialah sesuatu yang mengakibatkan dampak jelek bagi permainan.
Gue udah kenyang di blame dan di flame Rasis, bawa-bawa orang tua, Agama, dll, pak.
Tapi gue gak pernah bales, gue cuma mute supaya jangan berisik dan bermain sebaik gue supaya gue mempunyai kegunaan buat tim.
Kata orang-orang justru bacotan blame dan flame itu yang bikin kita strong.
Kalau gue bilang ya tergantung.
Kata orang-orang justru bacotan blame dan flame itu yang bikin kita strong.
Kalau gue bilang ya tergantung.
Gak semua orang bisa strong dengan blaming, pak.
Blaming itu udah ga bener dari awal, lantaran bisa bikin mental team down.
Terus, lu pikir semua orang bisa strong dengan Blame?
Blaming itu udah ga bener dari awal, lantaran bisa bikin mental team down.
Terus, lu pikir semua orang bisa strong dengan Blame?
"Are you FUCKING KIDDING ME?"
*Jadi esmoni saya kan.
Soalnya gue gedek sama orang yang membenarkan bacotan atau blame itu sesuatu yang masuk akal dalam game. Hey dude, itu sama sekali gak wajar.
Lu boleh bacot, boleh blame, TAPI SETELAH GAME.
Kalau sehabis game kan gak ada orang yang baca chat atau denger lu ngomong lewat mik. Nah, lu ngoceh-ngoceh deh sono, marahin layar PC lu, marahin Mouse lu, marahin pembantu lu.
Disangka stress dah lu, awkoekawokeaowke.
Ingat, player yang baik ialah player yang tidak "menyalahkan".
Player yang baik ialah player yang selalu "mengevaluasi".
Disangka stress dah lu, awkoekawokeaowke.
Ingat, player yang baik ialah player yang tidak "menyalahkan".
Player yang baik ialah player yang selalu "mengevaluasi".
Dari pada gue nyalahin temen, mendingan gue penilaian tadi kira-kira apa yang salah ya?
KESALAHAN YANG BIASA DILAKUKAN OLEH SUPPORT
Membuat Utility Item yang Mahal Apapun Caranya
Tidak bisa.
Mindset "Carry" lu mesti lu buang jauh-jauh ketika lu menjadi Support untuk team.
Mindset "Carry" lu mesti lu buang jauh-jauh ketika lu menjadi Support untuk team.
Mungkin kiprah lu mulia gitu yah, pengen bikin Mekans atau Blink Dagger di awal untuk bisa membantu team.
Tetapi itu sama sekali sia-sia.
Gak ada gunanya.
Karena lu ingin bikin item, maka lu gak beli ward, dan lu ninggalin Carry begitu aja sehingga do'i mati berulang kali dilanenya, sementara lu asyik farmingan pake Crystal Maiden di Neutral Camp?
Tetapi itu sama sekali sia-sia.
Gak ada gunanya.
Karena lu ingin bikin item, maka lu gak beli ward, dan lu ninggalin Carry begitu aja sehingga do'i mati berulang kali dilanenya, sementara lu asyik farmingan pake Crystal Maiden di Neutral Camp?
Worth?
Ya, terang TIDAK!
Lu gak bisa melupakan kiprah basic lu sebagai Support daripada membuat Big Utility Item ibarat Blink Dagger dan Mekans.
Jadi, meskipun role orisinil lu carry, tapi ketika lu jadi Support buat tim.
Ya, lakukan at all cost!.
Ya, terang TIDAK!
Lu gak bisa melupakan kiprah basic lu sebagai Support daripada membuat Big Utility Item ibarat Blink Dagger dan Mekans.
Jadi, meskipun role orisinil lu carry, tapi ketika lu jadi Support buat tim.
Ya, lakukan at all cost!.
Sedikit Komunikasi atau Bahkan Tidak Ada Sama Sekali
Once again, komunikasi ialah hal yang vital dalam bermain Dota2.
Dari mulai Drafting Hero, komunikasi harus mulai berjalan.
Atau hanya sekedar "Missing Mid!", itu ialah informasi yang penting untuk team biar lebih waspada.
Atau hanya sekedar "Missing Mid!", itu ialah informasi yang penting untuk team biar lebih waspada.
Ingat, Komunikasi.
Bukan Ngegosip.
Jangan ngegosip dalam game.
Bukan Ngegosip.
Jangan ngegosip dalam game.
Apalagi arisan.
Misalkan, lu ingin buat Vladmir's Offering sebagai Ursa, eh gak taunya Abaddon bikin Vladmir juga. Hal itu tentu akan sia-sia bukan?
Atau, ada komando untuk Push secepatnya, tapi "Ravage" lu masih cooldown.
*Ravage = Ultimate Tidehunter*
Atau, ada komando untuk Push secepatnya, tapi "Ravage" lu masih cooldown.
*Ravage = Ultimate Tidehunter*
Lu harus bisa mengkomunikasikan hal itu ke tim, supaya next 30 detik kedepan gres kita mulai push.
Contoh lain : Lu pake Crystal Maiden, dan temen lu pake jagoan Vengeful Spirit.
"Nanti lu stun, abis lu stun, gres gue stun, ok?".
Nah, komunikasi-komunikasi ibarat ini yang bener-bener diharapkan tim. Jangan sampe lu lakukan double sampe triple stun ke musuh yang karenanya gak memperlihatkan durasi lebih lama, sehingga sasaran gank lu bisa kabur dengan mudah.
That's what Im talking about.
Itulah Komunikasi.
Lakukanlah untuk membuat game terasa lebih menyenangkan.
Contoh lain : Lu pake Crystal Maiden, dan temen lu pake jagoan Vengeful Spirit.
"Nanti lu stun, abis lu stun, gres gue stun, ok?".
Nah, komunikasi-komunikasi ibarat ini yang bener-bener diharapkan tim. Jangan sampe lu lakukan double sampe triple stun ke musuh yang karenanya gak memperlihatkan durasi lebih lama, sehingga sasaran gank lu bisa kabur dengan mudah.
That's what Im talking about.
Itulah Komunikasi.
Lakukanlah untuk membuat game terasa lebih menyenangkan.
Support yang Berubah Menjadi Carry
Suatu hari, lu bermain sebagai Support dan permainan lu bagus. Lu bisa ngekill carry lawan, lu bisa owning lane, lu bisa ganking mid lane, dan lain-lain. Pokoknya GG lah.
Akhirnya gold banyak menghampiri diri lu.
Dan disini Setan-Setan bermunculan lantaran banyaknya gold yang ada.
Akhirnya gold banyak menghampiri diri lu.
Dan disini Setan-Setan bermunculan lantaran banyaknya gold yang ada.
Finally, HENSHIN!.
"Ah, persetan ama ngesupport, gue udah dapet banyak Gold. Gue bikin Dagon terus bikin Etheral Blade. Wih..pasti musuh kelojotan deh, hahaha! dan pastinya gue bakal di puji-puji, dan Ngeward? Ah, orang lain juga bisa beli kan?".
"Ah, persetan ama ngesupport, gue udah dapet banyak Gold. Gue bikin Dagon terus bikin Etheral Blade. Wih..pasti musuh kelojotan deh, hahaha! dan pastinya gue bakal di puji-puji, dan Ngeward? Ah, orang lain juga bisa beli kan?".
Nah, ketika lu dalam situasi ini. Lu harus pertanyakan kedua hal ini dulu sama diri lu sendiri.
"Ada jagoan yang bisa cover beli ward dan item support lainnya gak yah di team?".
"Apa ada jagoan di tim gue yang bisa ngegantiin posisi gue sebagai seorang support?".
Jika, jawabannya "Tidak ada".
Maka, urungkan niat beli Dagon dan Etheral Blade. Lu mendingan stock wards yang banyak serta item useful lainnya untuk tim.
Atau lu bisa beli Utility item ibarat Blink Dagger di awal atau Mekans untuk memudahkan lu membantu roaming dan ganking.
Nikmati jadi Support yang "Tajir" dan pastikan Carry lu dapetin kelima item latenya.
Gak usah aneh-aneh deh, ya.
"Ada jagoan yang bisa cover beli ward dan item support lainnya gak yah di team?".
"Apa ada jagoan di tim gue yang bisa ngegantiin posisi gue sebagai seorang support?".
Jika, jawabannya "Tidak ada".
Maka, urungkan niat beli Dagon dan Etheral Blade. Lu mendingan stock wards yang banyak serta item useful lainnya untuk tim.
Atau lu bisa beli Utility item ibarat Blink Dagger di awal atau Mekans untuk memudahkan lu membantu roaming dan ganking.
Nikmati jadi Support yang "Tajir" dan pastikan Carry lu dapetin kelima item latenya.
Gak usah aneh-aneh deh, ya.
Demi kemenangan tim lu.
"Support mati banyak mah gak apa-apa, bro!"
SALAH! ITU JELAS SALAH!
Itu kesalahan mindset support yang fatal yang harus diperbaiki.
Gimanapun juga, mau carry mau support, mati ialah hal yang harus dihindari.
Di kill musuh = Ngasih Gold ke musuh = Musuh Makara Item = Lu kalah level dan item.
Sama dengan LOSE.
Gimanapun juga, mau carry mau support, mati ialah hal yang harus dihindari.
Di kill musuh = Ngasih Gold ke musuh = Musuh Makara Item = Lu kalah level dan item.
Sama dengan LOSE.
Itu, Catet!
Jadi, siapapun gak bisa mati konyol.
Pengecualian, bila lu mati lantaran nyelametin carry. Itupun gak sering-sering kan? Hanya 1 hingga 2 kali mungkin. Jika terus terusan, berarti carry lu perlu dikasih tau supaya jangan engage musuh hingga memancing keributan.
Jadi, siapapun gak bisa mati konyol.
Pengecualian, bila lu mati lantaran nyelametin carry. Itupun gak sering-sering kan? Hanya 1 hingga 2 kali mungkin. Jika terus terusan, berarti carry lu perlu dikasih tau supaya jangan engage musuh hingga memancing keributan.
Kasus yang sering banyak terjadi sama support ialah ketika ingin masang ward di tempat musuh atau perbatasan antara Radiant dan Dire. Support yang baik selalu menggunakan Smoke of Deceit untuk memasang ward. Undetected dan musuh pun tidak akan menotice hal itu.
Lain halnya bila lu jojong aja jalan kaki ke highground Shrine musuh, tau-tau 2 3 jagoan sudah nungguin lu di atas.
Lain halnya bila lu jojong aja jalan kaki ke highground Shrine musuh, tau-tau 2 3 jagoan sudah nungguin lu di atas.
Wassalam, deh.
Jadi, mati sia-sia. Ward lu di deward, lu mati, musuh dapet gold.
Akhirnya nyesel, "Iya ya, kok gue blo'on ya?", akwoeakwoek, xD.
Jadi, mati sia-sia. Ward lu di deward, lu mati, musuh dapet gold.
Akhirnya nyesel, "Iya ya, kok gue blo'on ya?", akwoeakwoek, xD.
"Be Smart Support, not Dumbass Support".
CONCLUSION (KESIMPULAN)
Akhirnya, sehabis membaca dari awal hingga sini. Kita bisa mengambil beberapa kesimpulan untuk Artikel yang dawa (dawa=panjang) ini.
Capek ternyata ngetik.
Gak apalah, semua ini demi kalian juga.
Capek ternyata ngetik.
Gak apalah, semua ini demi kalian juga.
Buat gue juga, kok. Supaya bisa lebih baik lagi kedepannya, amin.
Kesimpulannya :
Role Support ialah role yang penuh tantangan dan mengasyikkan bagi gue pribadi, jadi membuat game lebih berwarna ketimbang farming dan farming.
Ya, kan?
Sebagai seorang support pastinya selalu terlibat teamfight, ganking, dan roaming. Dan kiprah seorang support sangat penting dan vital sekali di dalam sebuah tim.
Role Support ialah role yang penuh tantangan dan mengasyikkan bagi gue pribadi, jadi membuat game lebih berwarna ketimbang farming dan farming.
Ya, kan?
Sebagai seorang support pastinya selalu terlibat teamfight, ganking, dan roaming. Dan kiprah seorang support sangat penting dan vital sekali di dalam sebuah tim.
Mungkin role Support tidak sebegitu tenar melebihi seorang role Carry ibarat Miracle- dll.
But, always remember this. "Behind The Great Carry, There Always Great Support".
Karena sejago-jagonya lu bermain Invoker, bila support lu gak bisa cover.
Percuma, bro.
Percuma, bro.
Jadi, disini ada semacam simbiosis mutualisme(*bener gak sih gue?). Semacam hubungan saling menguntungkan antara Core dan Support. Keduanya role ini saling bersinergi sehingga menjadikan permainan menjadi sangat seru, intense dan menyenangkan juga tentunya.
Dan gak membosankan.
Coba kalo carry semua. Pasti sibuk farming semua, membosankan!.
Coba kalo carry semua. Pasti sibuk farming semua, membosankan!.
Intinya bermain Support itu santai aja. Lu ga harus dituntut ibarat Carry, lu lakuin apa yang lu bisa. Terapkan semua pengetahuan lu dalam permainan, dan biarkan Carry yang menyelesaikan. Job's done.
Jadi, gak perlu kuatir, ibarat :
Jadi, gak perlu kuatir, ibarat :
"Aduh gimana yah ini nanti kalah kalo sampe gue gak beli Blink Dagger?!"
Atau.
"Wah gawat, gue belum dapet sepatu arcane nih!"
"Wah gawat, gue belum dapet sepatu arcane nih!"
Atau ini.
"Waduh, gue gak pake celana nih?!"
"Waduh, gue gak pake celana nih?!"
Santai aja.
Relax, bro. Lu ga dituntut beli item sebagai Support, kok.
Item bukan tujuan lu dalam hal men-Support, tetapi bantuan lu ke tim dengan membantu tim. Seperti beli ward, dll, gue udah jelasin diatas.
Item bukan tujuan lu dalam hal men-Support, tetapi bantuan lu ke tim dengan membantu tim. Seperti beli ward, dll, gue udah jelasin diatas.
Dapet tim yang elok dan bisa menghargai semua kerja keras lu ialah hal yang bener-bener bikin terharu sekaligus bahagia.
Serius, gue alami sendiri, kok.
Penghargaan.
Dan itu rasanya, wah gak bisa diungkapkan pake kata-kata, pak.
Penghargaan.
Dan itu rasanya, wah gak bisa diungkapkan pake kata-kata, pak.
Akhirnya, kita diingatkan kembali.
"Dota ialah permainan team, dan permainan team butuh kerja sama".
Ok, hingga sini Guide Support Dota 2 Indonesia : Basic to Intermediate.
Gue, blogger unyu, absurd, nan menggemaskan undur diri doeloe.
Kita berjumpa lagi di artikel Dota2 selanjutnya.
Gue, blogger unyu, absurd, nan menggemaskan undur diri doeloe.
Kita berjumpa lagi di artikel Dota2 selanjutnya.
Dan, akhirul kalam.
Stay low, grab dat mouse!
Salam Olahraga!
(*source : dotafire, pengalaman pribadi serta teman Dota)
Salam Olahraga!
(*source : dotafire, pengalaman pribadi serta teman Dota)
(*source image : google)