Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ampuh Menaikkan Mmr Dota2


Gue bilang ini ampuh, kenapa??


Karena buanyak banget artikel-artikel cara menaikkan MMR di DOTA2 di luaran sana yang memang sangat-sangat tidak layak untuk diimplementasikan didalam permainan.

Gue bukannya jelek-jelekin Guide orang, tetapi emang itu faktanya. Guide naikin MMR cuma 2-3 Paragraf? Hellow, apa yang mau diambil kalo cuma 2-3 Paragraf? Jadi,sepertinya para Penulis hanya memikirkan Trafik aja ketimbang konten. Padahal justru Konten itu yang penting untuk mempertahankan situs/blog tersebut.

Oke, cukup ngegosipnya, hehehe.
Balik lagi ke topik.


Berikut sekilas tentang, apa itu MMR :


MMR ialah abreviasi dari Matchmaking Rating atau bisa juga disebut Matchmaking Ratio. MMR ialah Rating/Ratio yang terdiri dari formasi angka dan berfungsi untuk mencocokkan Skill/Experience yang dimiliki para player Dota2.


Jadi, misalkan MMR lu sekitar 1000an, lu ga akan bisa main sama player yang MMR nya 4000 di Ranked Match. Nah, lu gres bisa bermain di MMR sekitaran 1000.

Dan semua Player Dota2 berlomba-lomba dalam hal menaikkan MMR nya supaya bisa memenuhi Syarat untuk mengikuti Tournament misalnya, alasannya ialah Team Dota2 biasanya mematok Minimal MMR untuk menjadi Rooster atau Personil Team.

MMR lebih tinggi = Lebih Jago ?

Ya..Jelas, MMR ialah patokan Skill dan Pengalaman seseorang, meskipun  orang itu gres bermain Dota2, tetapi jikalau ia cerdas dan bisa menguasai permainan, ya bisa aja beliau memiliki MMR yang tinggi.

MMR itu penting dalam dunia Persilatan Dota2, alasannya ialah niscaya yang ditanya selalu MMR jikalau lu request party atau invite party orang lain. Pasti ditanya "MMR berapa kak?"

"Ah, MMR kan cuma Angka kata Dendi Na'vi.."

Kalo Dendi MMR 8000 pantes ngomong gitu bro, nah lu yang 1-2k Scrub ngomong gitu? dibacotin orang nanti, kwkwkkw

Gue kasih Teori Step-by-Step supaya nanti lu paham di tiap-tiap bracket ternyata sangat jauh berbeda. 

Oh, ada yang tanya Bracket apa kak? Bukan selimut!, kalo selimut blanket. Ini Bracket yaitu semacam Pengelompokan dari rata-rata MMR kita. Nah, kita cocoknya bermain di Level mana? Nanti Dota2 yang menentukan.


Tips ini menurut pengalaman gue bermain dota semenjak jaman watu dan beberapa masukan dari teman-teman serta dari situs-situs Internasional dan gue akan bagi beberapa bracket/level menurut gameplay player di SEA server. 


**aduh gue sering pusing kalo keinget SEA server, lmao**


Let's cekidot.

BRACKET 0-1000 MMR

Berikut beberapa fakta perihal braket 0-1000 MMR :

  • Ga pernah mikir kalo ngepick Hero, alias "Suka-suka gue". Karena yang bermain di bracket ini semua orang yang gres mencar ilmu Dota2 atau yang memang MMR nya segini, (sedih amat yak level 90 MMR 1k T_T, walao xD)
  • Semua orang pengen jadi Carry.
  • Jangan harap ada yang beli kurir atau Ward, jikalau ada yang beli, maka bersujud syukurlah kepada Ilahi, dan pribadi Commend sesudah game selesai !.
  • Teamplay dan Gameplay masih kacau, "Gue mah asal ga cooldown aja, gue pencet skillnya, sob!", ini celetukan temen warnet gue yang gres maen dota 2 mingguan.
  • Ga butuh Teamplay dan kolaborasi tim, asal item lu jadi lu bisa menang.
Gue ga bermaksud merendahkan atau meledek, sama sekali ngga, alasannya ialah memang ini Fakta yang ada di Server SEA. Daripada gue bilang yang bagus-bagus, nanti malah pas lu maen "LHO KOK GINI, LHO KOK GINI?" mending gue beberin semua faktanya supaya lu bisa prepare dari kini kalo emang MMR lu sekitar 0-1000. Meskipun ada beberapa Smurfer (baca: Orang-orang yang bermain di Low Level hanya untuk menghibur diri dan biasanya beliau paling jago sendiri).

Setelah tau kondisi 0-1000 MMR itu menyerupai apa, nah ini beberapa Tips supaya lu bisa segera meninggalkan bracket/level ini.


Berikut beberapa Tipsnya :

  • Pick pendekar yang agak OP (Over Power) di awal, di mid-game, hingga late-game atau hero-hero yang bisa Ngilang (Invisible). Contoh : Slark, Legion Commander, Juggernaut, Phantom Assasins, Rikimaru. "Lho, Phantom Assasins kan lemah diawal?" eh lupa ya? kalo di bracket segini musuh pun akan pick hero-hero Carry alias pendekar late game yang butuh item juga, jadi niscaya mereka ga akan kepikiran mengakhiri game lebih cepat. Am I right?
  • Kalau lu suka pendekar support, lu bisa pick : Shadow Shaman. Karena ultimatenya berkhasiat untuk menghancurkan Tower musuh dengan cepat. Kaprikornus lu dan team lu bisa kelarin game lebih cepat, tinggal ketik "Push Please!" di chat.
  • Shadow Blade, Shadow Blade, Shadow Blade. Itu item wajib lu. Khusus pendekar killer yang gak punya skill menghilang. Pake Slark, Shadow Blade! Pake Legion Commander, Shadow Blade! Pake Life Stealer, Shadow Blade! Sniper, Shadow Blade! Pokoknya Shadow Blade di hati. Kenapa gue bilang Shadow blade jadi item inti, alasannya ialah di bracket segini Jangankan musuh beli Sentry Ward/Gem/Dust, beli Kurir sama Ward aja ngga. Kaprikornus lu bisa praktis bantai mereka, kecuali mereka mikir dan mencari item apa untuk meng-counter Shadow Blade.
  • Spam pendekar andalan yang lu kira bisa memenangkan permainan. Yakin menang? Pick terus pendekar andalan lu hingga lu keluar dari Zona ini.
  • Last hit benerin ! Sumber duit/gold ialah dari last hit creep, gimana mau jadi Item lu kalo last hit creep aja ngga bisa? Gue kesel sama orang yang ngaku Core Carry tapi last hit aja nggak bisa, gimana bisa bawa tim menang? Nah, minimal lu tau caranya last hit dengan benar, kalo pendekar Melee pakailah item Quelling Blade supaya ngegampangin last hit lu. Kalo masih ngga bisa juga, lu bisa matiin Opsi Auto-Attack di pengaturan. HP creep musuh sekarat pribadi last hit. Dapet gold Ntabs!
  • Jangan mati terlalu banyak. Dengan lu mati banyak, artinya lu ngasih gold musuh, artinya lagi Item musuh lu jadi, artinya dari artinya lagi,.....YOU LOSE!.
  • Gak usah mikirin orang lain, alasannya ialah orang lain juga ngga akan mikirin lu kalo di Bracket segini. Kira-kira lu bisa kill pribadi kill, atau HP lu sekarat, pribadi balik ke Base/Fountain/Shrine/Item regen HP kalau ada. Bukannya gue ngajarin Egois, tetapi Beda bracket, beda gameplay, jadi Santai aja.
  • Komunikasi sedikit diperlukan, jikalau lu melihat Hero musuh ngga ada, pribadi pakai chat macro "Missing Mid!", "Missing Bottom!", atau "Missing Top!" supaya temen lu bisa hati-hati.
  • Berdo'a , alasannya ialah Do'a ialah segalanya, xD.

BRACKET >1000-2000 MMR

Finally, sesudah merayap-rayap di bracket 0-1000, kesudahannya hingga juga di bracket MMR 1000+.

Dan berikut fakta di bracket 1000-2000 MMR terutama di SEA server :

  • Disini player sudah tau apa itu fungsi "Ban Hero" di Ranked Match.
  • Overall gameplay tidak berbeda jauh dengan bracket sebelumnya, hanya mungkin dari pengepickan (*opo iki) pendekar musuh, akan sedikit bervariasi. Misalkan kau jarang liat hero-hero support, kini sudah bisa terlihat 1-2 biji player yang pick hero-hero support.
  • Hero sih support, tapi jiwa Carry, Bahhh! Jangan emosi kalo ngeliat CM/Lion menciptakan Item Desolator ya.
  • Yang tadinya gak banyak yang minta mid lane, kini di chat muncul. "Ako mid, Ako mid", "Mid or Feed!" atau "Mid or Leave!"(:stanley meme:).
  • Sudah muncul kesadaran, untuk "Bersama Kita Bisa!".
  • Mungkin ada yang beli Kurir/Ward jikalau kita meminta dengan baik? I dunno, kecuali lu memang Rolenya support, cantumin link Steam/ID dota lu, nanti bakal gue commend (+1 REP). Soalnya gue sangat-sangat mengapresiasi siapa aja yang memiliki Jiwa Support dari awal main Dota2.
  • Sudah sadar, jikalau musuh mati harus buru-buru Push dan menghancurkan Tower kemudian Ancient supaya cepet menang.


Setelah membaca di atas, maka lu bisa sedikit lega, dan ini yang harus lu lakukan :

  • Pick pendekar yang biasa lu pake, alasannya ialah di bracket ini biasanya player juga suka spam Hero menyerupai : Slark. PA. Axe. Sniper, dll.
  • Jika ada salah satu team lu inisiatif memperlihatkan komando, pola "B",back!, atau "P",push! nah lu harus coba ikutin dia. Karena mungkin beliau experiencenya lebih banyak atau mungkin MMR nya di atas lu.
  • Jangan terlalu nafsu buat ngekill, biasanya di MMR bracket ini, player sudah bisa mengambil Inisiatif apabila ada temennya yang lagi lu incer, beliau Teleport kesitu, dan sebelum lu kill musuh yang sekarat, lu udah mati duluan, maka jadi sia-sia pengejaran lu. Kaprikornus stay cool aja, jikalau musuh sudah ngga terlihat lagi atau sudah di luar jarak pandangan, masuk FOW atau Highground, lebih baik pribadi back, walaupun musuh itu sekarat. Kecuali ada Zeus, bisa pribadi di Ultimate.
  • Item Shadow Blade masih efektif di bracket ini. 
  • Komunikasi sesama player sudah harus lu lakuin di bracket ini, meskipun cuma "Back" atau "Push".

Ok, gue anggap di bracket MMR 0-2000 ialah masa-masa penyesuaian dan penyesuaian lu dengan game yang berjulukan Dota2 ini. Dari skill hero, dan Item, minimal lu sudah harus tau fungsi dan kegunaan skill-skill serta item tersebut.

Dari yang basic, menyerupai cara last hit, build item, laning, dan komunikasi antar player, serta map awareness (baca: cara membaca map dota),stacking creep. Hal-hal ini sudah harus bisa lu kuasai meskipun masih sedikit-sedikit. Karena di bracket selanjutnya akan lebih susah lagi, jadi lu harus menguasai basicnya dulu.

BRACKET >2000-3000 MMR 

Di bracket MMR ini semua berubah, yang tadinya lu masih egois, kini harus bisa menghilangkan keegoisan lu bertahap untuk kemenangan tim.

Sedikit pesan dari gue, JANGAN PERNAH TERLIBAT ADU CHAT (BACOT) DALAM GAME.

Misalkan, ada orang yang menyampaikan lu noob, bodoh, putang ina dst dst. Just, abaikan-abaikan-abaikan dan abaikan, ga ada gunanya meladeni orang-orang yang menyerupai itu. SEA server populer dengan Toxic Player nya melebihi server Dota2 lainnya. Jadi, lu harus siapin mental dulu sebelum bermain. Karena banyak orang-orang sok jago yang skill nya gak seberapa tapi sering spam chat. atau sering blaming(baca:menyalahkan) temen satu team sendiri.

Di guide-guide lain sering dikatakan Attitude-attitude, tetapi gak pernah dijelaskan apa itu bergotong-royong Attitude, Attitude ialah sikap, perilaku yang terpenting dalam bermain. Ingat, ini permainan 10 pemain. Jika, tidak bisa menjaga sikap, habislah sudah. Tidak akan ada orang yang respect dengan lu. Bahkan bisa-bisa temen satu team lu sendiri bakal fight against lu, atau dikenal dengan istilah throw. Jadi, mereka sengaja memperlihatkan kill ke musuh atau istilahnya Feed supaya game jadi kalah.

Maka dari itu JAGA SIKAP! Orang ga suka dengan insan yang songong dan sok jago. Ingat ! 10 orang yang bermain ini skillnya SAMA dengan lu, jadi gak ada alasan bergotong-royong untuk menyombongkan diri dan menganggap remeh musuh.

Itulah sekilas perihal Attitude, semua bergantung perilaku kita memperlakukan player lain dan diri kita sendiri.

Back to topic,


Gue akan bahas beberapa fakta dan kebiasaan player di bracket 2000-3000 MMR :

  • Counter-Pick pendekar sudah berlaku disini, maksudnya misalkan musuh pick Invoker/Tinker (hero cast), kita sudah harus tau counter dari Invoker dan Tinker itu apa. Nah, pendekar menyerupai Silencer, Pugna dan Nyx Assasins ialah Counter dari Kedua pendekar tersebut. Contoh lain, misalkan musuh pick Wraith King, berarti kita harus suggest team pendekar untuk meng-counter WK, menyerupai : Anti Mage dan hero-hero yang bisa menghabiskan mana musuh dengan cepat.
  • Support sudah mulai dibutuhkan di bracket ini. Sudah mulai terlihat role-role support disini. Sudah ada yang beli kurir dan ward tanpa disuruh. Karena ya, support itu sangat penting dalam permainan Dota2.
  • Pengambilan lane yang sudah mulai terlihat rapih. Jika dulu di bracket 0-1000 MMR masih asal-asalan, bahkan masih terlihat Crystal Maiden mengambil mid lane, maka di bracket ini pengambilan lane sudah mulai tertata, artinya player sudah tau hero-hero apa yang cocok untuk mid lane, bottom lane(safe lane radiant), atau top lane(offlane radiant).
  • Sudah mengetahui kiprah masing-masing. Tugas carry ialah farming, sementara kiprah support ialah menjaga carry supaya aman. JANGAN SEKALI-KALI mengambil last hit creep carry apapun alasannya, alasannya ialah carry butuh item secepatnya untuk menimbulkan item-itemnya. Support bisa menarik creep lane menuju creep neutral di hutan dan menerima gold dari situ. Atau mengambil Bounty rune. Btw, nanti gue bakal menciptakan post perihal Basic Support di Dota2 untuk lebih detail, jadi tetep pantengin blog ini ya.

Nah, sesudah lu tau fakta di bracket ini, kira-kira apa yang bakal lu lakukan?

Berikut Tipsnya :

  • Karena peranan dari awal lu ialah seorang carry team, maka sewaktu pemilihan hero, jangan pick buru-buru. Kenapa? alasannya ialah musuh akan dengan praktis mengcounter pendekar lu. Nah, lu bisa pick di phase ketiga/keempat. Dan saranin ke team lu supaya pick pendekar support, atau dari mereka gak ada yg bisa support, ya terpaksa lu yang pick support, sekali lagi pendekar Shadow Shaman sangat di rekomendasikan untuk fast push tower dan disable pendekar musuh.
  • Perbanyak pengetahuan perihal pendekar dan Items di Dota2. Variasi pick pendekar di bracket ini berbeda dengan low bracket sewaktu lu bermain dulu. Di bracket ini gameplay dan teamplay sudah boleh dikatakan manis dan bervariasi. Pengetahuan perihal skill-skill pendekar dota sangat-sangat membantu lu dalam survive di bracket ini. Jadi, lu bisa tau kapan pick pendekar "A" dan pick pendekar "B" supaya bisa efektif dalam permainan.
  • Sering-sering lihat MINI-MAP. Kunci keberhasilan seorang player Dota2 ialah Map Awareness(Kewaspadaan terhadap Map). Maka. setiap 2-3 detik sekali lu harus liat mini-map yang ada di pojok kiri bawah untuk mengantisipasi ganking musuh. Sering-sering lihat mini-map, Itu kuncinya.
  • Komunikasi antar player. Lu bisa mulai menurunkan ego di bracket ini dan mulai interaksi sesama player. Misalkan, di mid lane, lu bisa minta ke support supaya bantu gank musuh di mid atau minta ward supaya bisa antisipasi digank musuh. Ingat, lu hanya minta, jangan maksa. Jika support lu ialah support yang baik, maka beliau tidak sungkan untuk membantu. Tetapi jikalau beliau tidak menggubris, abaikan. Lu bisa beli ward sendiri kalo hanya 1 ward untuk di Mid lane. Anggap aja berarti beliau belum bisa sepenuhnya supporting team, jangan blaming jangan menyalahkan. Stay focus !
  • Shadow Blade dan Hero Invisible bukan lagi andalan lu disini. Kenapa? alasannya ialah kini support musuh tidak akan sungkan menaruh sentry ward atau beli dust untuk mengcounter shadow blade mu. Tergantung cara main juga. Jika lu bisa memaksimalkan penggunaan item Shadow Blade, lu masih bisa bertahan disini.
  • Segera push dan hancurkan Ancient musuh ketika ada kesempatan. Jangan berlama-lama. Kasusnya jikalau pendekar musuh ialah hero-hero late menyeramkan, jikalau berlama-lama habislah sudah. Lu bisa kena comeback alasannya ialah terlalu berlama-lama dengan pendekar late tersebut.
  • Tetap pertahankan kolaborasi tim. Lu bisa menolong temen lu yang lagi di gank dengan Teleport ke tower terdekat, dengan syarat HP dan mana lu masih banyak. Kecuali carry, carry tidak harus membantu alasannya ialah kiprah carry bukan membantu, tetapi farming hingga item jadi kemudian mendominasi permainan.

Itulah beberapa Tips yang bisa gue kasih menurut pengalaman gue dan temen-temen di bracket 2000-3000 MMR.

Sekali lagi, bahkan Alogaritma pun tidak sanggup memprediksi jalannya permainan di Dota2.
Sekalipun lu udah berusaha mati-matian, dan berusaha sekeras-kerasnya tetap saja ada faktor(x) yang bisa mengakibatkan kemenangan ataupun kekalahan di Dota2.

Itulah mengapa Dota2/MOBA ialah salah satu genre game yang unik.
Karena unlimited chance yang dimiliki genre game ini yang menciptakan playernya ketagihan.



BRACKET >3000-4000 MMR


Average MMR seorang player Dota2 ialah di bracket ini. 

Seseorang dikatakan "BISA" bermain Dota2 ialah di bracket ini.

Banyak orang yang stuck juga di bracket ini. Mungkin 70-85% player dota stuck di sini.

Ok, kenapa begitu?
Inilah alasannya.

Berikut fakta dan kebiasaan player Dota2 di bracket >3000-4000 MMR SEA server :

  • Banyak yang merasa dirinya "WAH". Salah satu penyakit di SEA server terutama bracket ini ialah banyaknya player yang merasa dirinya lebih dari orang lain. So, pesan gue Stay Low dan keep rendah hati.
  • Pengambilan lane bukan lagi 2-1-2 tetapi sudah beralih menjadi 1-1-3, yang tadinya Top Lane 2 orang, Mid Lane 1 orang, dan Bot Lane 2 orang, menjadi Top lane 1 orang sebagai seorang Offlaner dan 1 orang membantu Bot Lane (safe lane radiant) atau bisa membantu Mid Lane.
  • Combo pendekar menjadi andalan di bracket ini. Lu akan sering melihat pendekar  seperti Tidehunter, Earthshaker, Magnus, dan pendekar stun AOE lainnya. Karena hero-hero tersebut praktis sekali untuk memulai Team Fight.
  • Support semakin memperlihatkan eksistensinya disini. Support ialah wajib hukumnya disini. Entah itu pendekar disabler/healer, yang terang support sangat-sangat besar lengan berkuasa terhadap jalannya permainan.
  • Kerja sama tim yang semakin rapih. Makin tinggi MMR makin apik kolaborasi tim dan makin peduli terhadap sobat satu team.
  • Lebih dari mengetahui kiprah masing-masing, di bracket ini sudah bisa menyusun seni administrasi untuk mendominasi permainan, menyerupai early gank dan fast push.
Berikut Tips teknis supaya lu bisa melewati bracket ini :

  • Lu harus bisa minimal 2 pendekar support yang bisa lu kuasai dan beberapa pendekar Core(Carry). Kenapa? alasannya ialah ketika di team lu gak ada yang pick support, lu bisa cover dengan kemampuan support lu. Dan selalu sarankan kepada sobat 1 team untuk pick support first. Supaya pendekar Core/Carry team lu nanti susah di counter.
  • Drafting hero. Saat team lu ngepick, pastikan hero-heronya yang bisa mendominasi permainan.
  • Sekali lagi Komunikasi itu penting. Komunikasikan apapun yang menimbulkan permainan terasa lebih menyenangkan.
  • Silencer ialah pendekar yang sangat direkomendasikan. Dengan kemampuan Ultimate Global Silence nya dan potensi carrynya, pendekar ini menjadi andalan ketika rush menuju 4k or 5k MMR. Ada dua tipe pemain Silencer : pertama player mid lane, yang kedua player support. Jadi, menetapkan role yang cocok untukmu.
  • Perputaran lane. Bete alasannya ialah mati terus di satu lane atau susah farming? solusinya ya pindah lane jikalau lu carry. Jangan stuck di safe lane yang dijaga 2 bahkan sampe 3 pendekar musuh supaya lu tidak bisa farmingan, ganti/tukar lane mu dengan sang Offlaner supaya kau bisa farming. Perputaran lane juga dilakukan untuk pendekar support ganking, yang memang tugasnya gank pendekar carry/core musuh.

Ok, itulah beberapa Tips teknis survive di bracket >3000-4000 MMR.
Sekarang gue anggep semuanya sudah bisa menguasai semua hal perihal Dota2 dan istilah-istilahnya. Serta gue anggep semuanya sudah bisa memainkan semua pendekar dota, minimal walaupun belum bisa, lu tau skill-skill dari pendekar tersebut.

Karena kita akan menuju bracket yang lebih kompetitif lagi yaitu bracket >4000-5000MMR.

BRACKET >4000-5000 MMR

Berdasarkan pengalaman, jikalau sudah memiliki experience menuju 4000 MMR akan praktis melewati bracket ini. Meskipun nanti tidak semulus yang lu kira.

Ok, disini pribadi gue bahas Fakta dan Kebiasaan player di bracket >4000-5000 MMR :

  • "Me Mid!". Wakakaka.. ternyata di bracket segini masih banyak orang-orang yang masih mempermasalahkan lane. Jangan takut, beri mereka kesempatan untuk taking mid lane.
  • Permainan akan semakin panas dan intense. Selalu waspada-waspada dan waspada. Bisa jadi musuh melaksanakan gank dengan smoke of deceit, pribadi Back ketika melihat pendekar musuh tidak ada di Mini-Map.
  • Teamfight sesudah menit 10 akan lebih sering disini. Maka dari itu selalu bawa TP(Teleport) untuk back up team apabila ada teamfight.
  • Ganking merajalela. Sukses gank pendekar core musuh berkali-kali = WIN.
  • Segala kemampuan akan diuji disini. So, prepare for the worst.

Itu ialah sekilas perihal Fakta dan kebiasaan player di bracket ini.

Terus, bagaimana supaya bisa survive ? berikut ialah Tips nya :

  • Pick pertama atau pick terakhir. Di bracket ini gue rasa lu ga harus disuruh-suruh lagi. Lu bisa pick pendekar yang kira-kira dibutuhkan oleh team. Jika ga ada team lu yang pick pertama, lu bisa inisiatif pick support kan?
  • Jadilah player Dota2 yang bisa segalanya. Maksud gue sama menyerupai di atas, isilah role yang kira2 kosong untuk tim lu. Di bracket ini lu ngga bisa maen carry terus, maen support terus, atau maen Offlane terus. Lu harus tau semua basic dan kiprah dari semua pendekar supaya bisa memaksimalkan potensi permainan lu. ITU KUNCINYA.
  • Penempatan Ward. Ini ialah hal basic tetapi sangat-sangat luar biasa efeknya kedalam game, apalagi di bracket ini.
  • Fast response. Jangan kelamaan mikir ! lakukan apa yang mesti lu lakukan.
Perlu diketahui, semua Tips dari bracket awal tadi hingga di bracket ini, tidak mutlak tetapi berlaku di semua bracket MMR. Itu hanya solusi gue dan temen-temen mengenai fakta dilapangan. Lu bisa berimprovisasi dengan kemampuan lu sendiri. Jadilah player Dota2 yang unik. :)


BRACKET > 5000-6000 DST


Di bracket ini, menurut pengalaman temen-temen gue dan pengalaman profesional yang gue baca. Hal teknis sudah tidak dibahas lagi. Maksudnya ialah Player sudah mengetahui dari A hingga Z mengenai teknis di Dota2.

Anggap saja kita semua sudah mengetahui semua seluk beluk Dota2.

Yang mau gue bahas disini ialah mindset.

Mindset lu ketika klik "Find Ranked Match" itu harus benar-benar terencana.
Ubah mindset lu dari "Saya" menjadi "Kita". Bahwa kita tidak akan bisa jikalau sendirian.

Dota ialah permainan Team, bukan permainan 1vs5. Menyatukan 5 kepala menjadi satu supaya bersinergi itu sangat-sangat susah jikalau basic permainan saja sudah berbeda. Maka dari itu tiap bracket berbeda gameplay dan kebiasaan yang berbeda. Semua sesuai porsinya. 

Lu bisa aja beli ID MMR 5K padahal aslinya MMR lu 2k di ID lama. Tetapi hal itu ga akan bertahan lama, lu akan balik lagi ke MMR orisinil lu karna lu belum penyesuaian di bracket tersebut.

Mental disini ialah segalanya. Jika mental lu masih suka ngebacot digame, masih suka menyalahkan sobat satu team, ya jangan heran jikalau MMR lu masih stuck..
Mereka yang bermain di bracket ini ialah orang-orang yang mendedikasikan diri sepenuhnya dan memiliki mental pemenang.

Udah bisa dibilang Proffesional lah, alasannya ialah nama lu akan terpampang di Leaderboards Dota2. 


Selamat.




BEBERAPA TIPS TAMBAHAN :

  • Selalu pasang goal/target MMR, misalkan lu harus menang 2 game(+50) MMR setiap hari. Misalkan lu kalah berarti lu harus bayar hutang lu besoknya sebanyak game yang kalah kemarin. Hal ini untuk memotivasi lu dalam bermain ranked.
  • Jangan terlalu bernapsu. Banyak dari temen-temen gue yang napsu kalo main MMR, kadang bisa sampe 1 harian. Hasilnya? ya naik turun kaya ingus.
  • Mainlah disaat mood lu sedang enakan. Karena mood bekerjasama dengan mental tadi, jadi jikalau mood lu sedang bahagia lu bisa bermain ranked. Sebaliknya, jangan bermain ranked disaat gres diputusin cewek lu, dijamin -500 MMR, wakakaka.
  • Bermain sebagai support hingga 5K-6K MMR? why not? lebih baik kalah sebagai support daripada kalah sebagai pendekar core/carry.
  • Selalu ingat "Gue dulu juga pernah Cupu, pernah Noob", jadi lu ga akan merasa sombong sebagai Player dengan High Rank.
  • Selalu baca guide-guide Heroes, Items, Warding, Drafting, dll. Pokoknya yang bekerjasama dengan Dota2.
  • Maksimalkan semua potensi role dalam diri lu. Carry, Offlaner, Mid, Support > Ini semua lu harus bisa.
  • GPM/XPM/KILL  itu ga penting bro, yang penting tim lu menang! ITU CATET!.

Demikianlah Tips ampuh ini gue buat. Ini hasil penggodokan juga bersama temen-temen, jadi gak murni dari gue. Terima kasih yang udah bantu buat Tips ini, semoga bisa membantu player-player Dota di luar sana.

Jika ada kata-kata/kalimat yang kurang berkenan, itu memang disengaja. :P
Blog-blog gue ini,wee :P.
JK.


Untuk saran dan kripik atau yang mau bertanya bisa pribadi di Kolom Komentar.
Siapa tau ada yang mau menambahkan? its, ok tidak dilema selama hal itu positif.

Ok, hingga jumpa lagi di artikel berikutnya.

Stay Low and Grab Dat Mouse!

Salam Olahraga!



(Ri/S89)