Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia! Cara Menjaga Keharmonisan Suami-Istri Dalam Rumah Tangga

Suami dan istri ialah potongan jiwa yang saling mengasihi mereka saling berinteraksi dan berkomunikasi untuk selalu menjaga kekerabatan dalam keluarga. Perlunya menjaga komunikasi dalam keluarga ini akan mempererat kasih sayang dan menjaga keharmoniasan dalam rumah tangga. Maka diharapkan tips belakang layar semoga kedua pihak selalu menjaga kerukunan dalam menyapaikan suatu hal yang berkaitan dengan kekerabatan rumah tangga. Ada beberapa hal yang diharapkan semoga menjaga keutuhan rumah tangga. Yaitu:


1. Menghindari pertengakaran dalam rumah tangga.

Pertengkaran dalam rumah tangga biasanya berawal dari masalah atau hal-hal yang kecil yang menjadi penyebab pemicunya. Maka hendaklah jangan memancing pasangan dalam menjadikan problem dalam rumah tangga. Bicarakan dengan baik dan penuh perasaan dan suami yang menjadi imam dalam rumah tangga harus memiliki prinsip yang baik dalam mengontrol permasalahan yang tiba dalam rumah tangga serta mengatasinya dengan baik tanpa menyakiti pasangan baik dari perkataan atau dengan fisik.


2. Jangan mencaci-maki pasangan

Jika pasangan berbuat kesalahan atau ketidakpahaman ia dalam suatu masalah jangan menghakimi ia dengan cacian, ini akan menjadikan konflik dalam rumah tangga disini banyak tugas suami dalam menahan emosi. Kita contohkan mungkin ketika memasak sayur yang ia resepkan terlalu dingin kemudian kita berkata bergairah dengan cacian kita bahwa istri kita tidak bisa masak atau kita salah menentukan istri. Jangan hingga kata ini keluar ini akan menyakiti perasaannya dan haruslah kita tahu mungkin ia sedang dalam keadaan tidak baik.


3. Menjaga hubungan  dengan mertua

Ini sangat sensitif alasannya ialah biasanya bila ada keributan dalam keluarga mertua akan ikut campur dalam problem ini. Maka harusnya pasangan menjaga apa yang menjadi problem cukuplah kalian berdua mengetahui dan selesaikan secepat mungkin semoga tidak tercium oleh keluarga problem yang ada dalam rumah tangga. Dan harusnya anak pun dihentikan tahu apa yang menjadi masalah orang tuanya alasannya ialah ini akan menciptakan mengganggu tumbuh kembang anak.


4. Lebih banyak waktu untuk bersama

Bagi suami istri apalagi yang sudah usang menikah menyepelekan waktu untuk berkomunikasi bersama atau duduk dengan pasangan mereka. padahal ini akan membantu mempererat dan menjaga keharmonisan suami dan istri. Maka pupuklah kekerabatan romantis jangan segan atau merasa janggal alasannya ialah sudah  usang berumah tangga dan terasa dingin menanggapi hal-hal tersebut.
 Suami dan istri ialah potongan jiwa yang saling mengasihi mereka saling berinteraksi dan Rahasia! Cara Menjaga Keharmonisan Suami-Istri dalam Rumah Tangga
Keharmonisan



5. Hargai pasangan

Menjadi prioritas dalam mempererat kekerabatan suami-istri maka hargailah pasangan kita. Menjaga kekerabatan bertahun-tahun lamanya tanpa menghargai pasangan maka tidak akan terwujud. Memahami dan mendengarkan pasangan itu ialah suatu wujud dalam menghargai. Tidak memanggil dengan panggilan yang tidak ia sukai. Panggillah dengan kata mesra atau panggilan sayang ini akan menciptakan kekerabatan semakin awet.


6. Menjaga kerahasiaan dalam rumah tangga

Menjaga belakang layar dalam rumah tangga ialah bentuk keharmonisan dalam rumah tangga dan ini juga ditegaskan dalam hadist “Sesungguhnya insan yang paling jelek tempatnya disisi Allah pada hari final zaman ialah : suami yang memberitahu belakang layar kepada istrinya dan istrinya pun memberitahukan kepadanya, kemudian salah seorang dari keduanya membuatkan belakang layar pemiliknya.” (HR. Abu Daud) Dalam riwayat lain, “Sesungguhnya amanat yang paling besar disisi Allah pada hari final zaman ialah suami yang memberi tahu belakang layar kepada istrinya, dan istrinya memberi tahu belakang layar kepadanya, kemudian ia membuatkan belakang layar istrinya.” (HR. Muslim) maka hendaklah semua belakang layar dalam rumah tangga cukuplah  kalian yang mengetahui kekurangan pasangan atau belakang layar dalam rumah tangga jangan hingga menjadi materi perbincangan di luar arena rumah tangga.

Baca juga : Cara mendidik tata krama dan etika kepada anak

Demikianlah beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menjaga kekerabatan suami istri  ini, terlihat sangat gampang tetapi masih banyak pasangan yang menyepelakan hal ini. Semoga kita bisa menjadikan rumah tangga kita sakinah, mawaddah, warahmah, aamiin.

Penulis : Istriku Tercinta

Sumber https://www.berimanblog.com/